Harga Buku Sewaktu-waktu Bisa Berubah...

Akar Kekerasan, Analisis Sosio Psikologis atas watak manusia /PPL

Penerbit : Pustaka Pelajar
Penulis : Erich Fromm
Tahun Terbit : Belum kita Masukkan.
Kertas & Halaman : 755 + xxxvii Halaman, isi kertas Hvs
Ukuran Buku : 16 x 24 cm, Soft Cover
Kategori : Sosial / Budaya
ISBN : 979-9289-25-4
Harga : Rp 98,000
25%   
Rp 73,500
Share
|

Erich Fromm (1900-1980) adalah seorang psikoanalisis dan filosuf sosial yang menulis banyak buku, di antaranya adalah The Art of Loving, To Have or To Be, Religion and Psychoanalysis, Revolution of Hope, Escape from Freedom, The Sane Society, Man for Himself dan lain-lain. Ia termasuk pemikir besar bagi strategi kebudayaan, sejajar dengan pemikir-pemikir lain, seperti J. Maritaim, Gabrel Marcel, Pitirin Sorokin, Karl Jasper dll.

Jika kecenderungan untuk tumbuh dan berkembang dihalangi, energi yang terhalang itu mengalami proses perubahan dan beralih menjadi energi yang bersifat merusak. Sifat merusak (destruktif) merupakan akibat dari tidak dihidupinya kehidupan. Jadi, kondisi-kondisi individual dan sosial yang menghalangi energi yang memajukan hidup itulah yang menghasilkan sifat perusakan yang pada gilirannya merupakan sumber yang daripadanya memancar berbagai bentuk kekerasan.

Kehidupan mempunyai dinamisme-dalamnya sendiri, ia cenderung untuk tumbuh, diungkapkan dan dihidupkan. Jika kecenderungan dihalangi, energi itu mengalami pembusukan dan berubah menjadi energi yang membawa ke perusakan.

Tanpa didukung oleh tanah yang subur, air yang cukup dan iklim yang cocok, sebuah benih akan membusuk dan mati. Demikian juga manusia, ia akan menjelma menjadi makhluk ganas, menyimpang dari fitrahnya yang suci, bila ia hidup di suatu tempat yang di situ kondisi sosial politik, ekkonomi dan budayanya tidak memungkinkan ia mengembangkan potensi-potensi manusiawinya.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama*
Email* (email tidak ditampilkan)
Komentar*
(Masukan 3 huruf atau angka berwarna hitam pada kotak di bawah)
captcha image