Harga Buku Sewaktu-waktu Bisa Berubah...

ANALISIS RISIKO KESEHATAN LINGKUNGAN /UGM

Penerbit : UGM Universitas Gadjah Mada
Penulis : Juli Soemirat
Tahun Terbit : Cet 1: 2014
Kertas & Halaman : --
Ukuran Buku : --
Kategori : Lingkungan / Geografi
ISBN : --
Harga : Rp 100,000
20%   
Rp 80,000
Share
|

Berat: ... gram.

Cepatnya pertambahan penduduk yang direspons dengan industrialisasi untuk meningkatkan kesejahteraan serta modernisasi telah memasukkan banyak bahan baku berbahaya, beracun atau dikenal sebagai B3 ke dalam lingkungan kerja dan lingkungan umum. Kerusakan akibatnya sudah diselidiki; 60% dari daya dukung lingkungan telah rusak, dan yang terparah adalah terjadinya pemanasan global dan melebarnya lubang di lapisan ozon dengan segala akibatnya.

Metoda yang ada untuk dapat mencegahnya telah lama tidak memadai. Ilmu toksikologi dan epidemiologi lingkungan kurang cepat dapat mengantisipasinya. Selain itu, tidak semua profesi yang membangun dunia ini memahami ilmu-ilmu tersebut, sedangkan mereka penting dalam pembangunan. Metoda yang diperlukan sekarang adalah antara lain metoda analisis risiko/AR, yang istilah risikonya diharapkan dipahami oleh semua pemangku kepentingan pembangunan. AR, sekalipun didasarkan atas ilmu lingkungan, toksikologi dan epidemiologi, tetapi mengintroduksikan pemodelan yang dapat dipa-hami berbagai pihak, mempercepat dan dapat memprediksi perilaku B3 di lingkungan serta dampaknya. Hal ini juga bagi Indonesia baik, karena tidak mempunyai banyak instrumentasi laboratorium yang canggih, serta mengintroduksikan pemikiran yang lebih maju. Buku ini hanya mengintroduksi dasar-dasar tahapan melakukan AR, serta pemodelannya sehingga diperlukan matematik dan statistik dasar saja.

Berbeda dari toksikologi dan epidemiologi lingkungan, AR ini dapat menyajikan hasil studi identifikasi, pajanan, dan dampak yang diterima masyarakat dengan lebih transparan, jelas, konsisten, dan dapat diterima, dimengerti masyarakat umum, serta dapat dibuat dasar bagi penentuan strategi pengendalian atau manajemen risiko yang integratif mengenai semua jalur/media pajanan yang ada.

Untuk semua itu diperlukan data yang andal mulai dari pengumpulan, penyajian, pengolahan dan penarikan kesimpulannya. Penulisan dan penyajian laporan juga ditekankan agar dapat dimengerti semua pihak terkait dan tersedia pula tabel standar untuk penyajian yang komprehensif.

Karena belum banyak diterapkan di Indonesia, maka buku ini menyajikan studi kasus yang relevan pada setiap akhir bab untuk membantu mendalami materi studi di dalam bab tersebut, serta contoh-contoh perhitungan yang sederhana.

 

Apabila tidak menemukan Semua Jenis buku yang Anda cari, dapat ditanyakan atau silahkan hubungi via:

email: mitraahmad_buku@yahoo.com

atau

SMS: 08988 799 999 / 082121 992 888  kami akan membantu Anda.

Komentar Pembaca

2016-03-22 - 10:59:05
apakah buku analisis risiko kesehatan lingkungan karangan juli soemirat masih ada? dan buku analisis risiko kesehatan lingkungan karangan siapa aja yang ada?
Tuliskan Komentar anda disini
Nama*
Email* (email tidak ditampilkan)
Komentar*
(Masukan 3 huruf atau angka berwarna hitam pada kotak di bawah)
captcha image