Harga Buku Sewaktu-waktu Bisa Berubah...

Terima Kasih buat ABRI Membangun Dusun Tandus /BMA

Penerbit : Bumi Aksara
Penulis : Mansur Samin
Tahun Terbit : Cet 2: 2007
Kertas & Halaman : 73 Halaman
Ukuran Buku : Soft Cover
Kategori : Sosial / Budaya
ISBN : 979-526-142-8
Harga : Rp 0
0%   
Rp 0
Share
|

Berat: ... gram.

 

Dusun Timbo 10 Kilometer jauhnya dari kecamatan. Warganya senantiasa kekurangan air. Sulit menemukan air disusun itu.Anak-anak dusun Timbo selalu terlambat masuk sekolah ke desa terdekat, desa Hasangapan. Tujuh anak kena hukum, berdiri debelkang papan tulis, karena terlambat masuk sekolah.

Iklas salah seorang anak dusun Timbo, duduk di kelas 6 SD, menghadiri sidang Pengadilan Dusun. Sidang itu mengadili pak Baleo, sebab kerbaunya mencari air minum lalu merusak pematang sawah pak Muruk. Keputusan sidang, pihak yang merugikan pihak lain harus mengadakan upacara minta maaf secara adat kepada pihak yang dirugikan.

Tiga anak dusun Timbo mengidap penyakit menular, penyakit Frambusia atau Patek. Penyakit itu timbul karena Dusun Timbo kekurangan air untuk mandi. Ketiga anak itu dliburkan di sekolahnya. Supaya anak-anak lain jangan terkena penyakit itu.

Musin kemarau didusun Timbo. Akibatnya banyak Warga dusun Timbu Menjadi pengangguran. Padahal mereka harus makan. Akibat lapar mereka mencuri tanaman orang lain. Mereka diadili di pengadilan dusun.

Kepala dusun sidang kilat dengan kepala-kepala lorng. Mereka mencari jalan keluar dari kesuakaran penduduk memperoleh air. Kepala dusun cepat bertindak. Beliau meminta bantuan kepada Pemerintah.

Keadaan dusun Timbo yang kekurangan air, ditinjau oleh komandan Kesatuan tentara zeni Angkatan Darat. Beliau berunding dengan Kepala Dusun. Mereka mencari kemungkinan memasukan air kedalam Dusun Timbo.Kemungkinannya mereka selidiki. Rencana Komandan, kesatuan yang berjumlah 60 orang tentara akan turun ke dusun. Mereka akan membangun kepentingan masyarakat dusun Timbo.

62 Orang tentara zeni Angkatan Darat, mulai membuat terowongan di dusun Timbo. Mereka dibantu oleh masyarakat dusun secara bergotong royong. Dalam tempo tiga minggu selesailah terowongan itu. Tapi belum dapat dipergunakan kalau belum ada penampungannya.

Pembangunan tahap kedua didusun Timbo mengerjakan bendungan dan bak penampungan air di tengah dusun. Berkat kerja sama yang erat diantara ABRI dengan rakyat semua rencana Komandan terlaksana tepat pada waktunya. Pembangunan tahap kedua selesai dengan baik.

Pembangunan tahap ketiga membuat bak penampungan air terjun. Yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Pembangunannya tinggal sedikit sebab ABRI dengan rakyat kerja dengan sungguh-sungguh serta bersama-sama gotong-royong yang tinggi.

Peresmian tiga proyek telah selesai di dusun Timbo. Penggunaan terowongan air, penggunaan aliran listrik dan penggunaan jalan darurat.Warga dusun Timbo merasa bahagia. dalam bentuk kenyataan. Pembangunan bersejarah itu, tak dapat dilupakan rakyat. Jasa ABRI tetap mereka kenangdengan judul nyanyian `Terima Kasih untuk ABRI`

 

 Apabila tidak menemukan Semua Jenis buku yang Anda cari, dapat ditanyakan atau silahkan hubungi via:

email: mitraahmad_buku@yahoo.com

atau

SMS: 08988 799 999 / 0812 24 80154 kami akan membantu Anda.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama*
Email* (email tidak ditampilkan)
Komentar*
(Masukan 3 huruf atau angka berwarna hitam pada kotak di bawah)
captcha image