Harga Buku Sewaktu-waktu Bisa Berubah...

TRADISI SUFI DARI NABI Tasawuf Aplikatif Ajaran Nabi Muhammad SAW (Kajian dalam Perspektif Teori, Se

Penerbit : Cakrawala (MTS)
Penulis : Muhammad Sholikhin, K.H.
Tahun Terbit : Cet 1: Apr 2008
Kertas & Halaman : 564 + xii Hal
Ukuran Buku : --
Kategori : Tasawuf / Ma'rifat
ISBN : --
Harga : Rp 80,000
20%   
Rp 64,000
Share
|

Berat: ... gram.

Tasawuf sebagai sebuah wacana, dewasa ini telah mampu menyedot perhatian besar kaum muslim, termasuk dunia penerbitan. Sehingga banyak alternatif belajar tasawuf sekarang ini, walaupun tidak mengerti bahasa Arab, tanpa memasuki tarekat, dan tanpa kehadiran guru sekalipun, karena banyaknya luteratur sufi yang ada.

Namun tentu saja, sebagaimana konsep keagamaan pada umumnya, terdapat kesenjangan yang cukup lebar antara banyaknya ilmu yang didapat dan tersimpan dalam memori akal, dengan aplikasi dalam tingkatan praktis. Demikian pula dengan sufisme, melubernya kepustakaan dan penuhnya ilmu teoritis tasawuf, belum tentu seimbang, dan bahkan belum tentu menunjukkan, bahwa si pemilik ilmu dan pengkoleksi buku sufi itu dapat mengaplikasikan kesufian secara baik.
Ketertarikan banyak orang terhadap sufisme tentunya berangkat dari keinginannya mendalami segi-segi esoterisme Islam, disamping keyakinan bahwa tasawuf akan mampu membawa pelaksananya kepada kesucian batin. Sementara kebersihan batin merupakan tujuan utama dari semua agama.
Penelitian-penelitian mutakhir membuktikan bahwa disamping kebersihan hati, para pengamal sufi juga lebih mendapatkan ketenangan hidup, stabilitas emosi, dan lebih dari itu, sufisme mampu memacu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi, dan tentunya kecerdasan spiritual bagi pelaksananya.
Namun problem pelaksanaan masih banyak menghadang kebanyakan orang yang menginginkan suguhan sufisme praktis. Kebanyakan sumber bacaan yang hadir, memang telah mampu menghadirkan suguhan ilmu-ilmu sufisme yang terrekam oleh memori otak. Tetapi umumnya mengalami kesulitan ditingkat pelaksanaan, bahkan kadang malah hanya berputar-putar dan silat lidah tentang ilmu-ilmu teoritis itu sendiri.

Gejala ini mudah difahami karena disamping kebanyakan sumber bacaan yang ada merupakan hasil terjemahan, kehadiran buku-buku sufi lokal pun umumnya masih berkutat pada dataran teoritis tasawuf. Bahkan even-even pelatihan spiritual yang kini kian marak, juga baru sekedar menyuguhkan materi-materi “otak”, bukan dalam arti pelatihan spiritual yang sesungguhnya. Forumnya memang pelatihan dan bimbingan, namun dalam prakteknya dalam forum itu hanya dikenalkan metodologi sufi dalam kerangka teoritis.

Oleh karena itu, penulis terdorong untuk menulis buku tasawuf yang menghadirkan wacana teoritis, historis, dan aplikatif.
Segi teoritis dalam buku ini, yang penulis kemukakan dalam bagian pertama, dimaksudkan sebagai dasar-dasar bagi upaya aplikasi sufi yang dipaparkan pada bagian kedua. Bahkan apa yang penulis sebut bagian teoritis ini sebenarnya lebih mengacu pada hasil pengalaman praktek sufi, sehingga akan lebih mudah dicerna dan diresapkan menjadi pengetahuan kebijaksanaan (ma’rifah). Maka dalam bagian ini, pembaca telah diajak untuk menyelami bagaimana metode sufi dalam membimbing ruhani manusia menuju Allah, bagaimana manusia mengenal nafsu dan mengendalikannya, dan bagaimana pola manajemen qolbu yang praktis dan mudah.

 

Apabila tidak menemukan Semua Jenis buku yang Anda cari, dapat ditanyakan atau silahkan hubungi via:

email: mitraahmad_buku@yahoo.com

atau

SMS: 08988 799 999 / 082121 992 888  kami akan membantu Anda.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama*
Email* (email tidak ditampilkan)
Komentar*
(Masukan 3 huruf atau angka berwarna hitam pada kotak di bawah)
captcha image